HOPE

Semua orang pasti mempunyai harapan, atau sekedar mimpi yang susah tercapai. Sejak SMA, tolak ukur teman-teman saat itu. Menggantungkan harapannya di awal tahun dan Menjadi perbincangan hangat di setiap akhir desember atau memasuki tahun baru masehi dan lebih ramai nya lagi perayaan penyambutan malam pergantian tahun baru. 

Gambar di ambil sini

Menggantungkan harapan di akhir tahun dan merencanakan harapan di awal tahun, bukan kah kita harus menaruh harapan setiap detik? Kita telah bersyukur sudah diberi kesempatan untuk hidup dan menikmati semua kekayaan Allah. Harapan sering melenceng, ketika kita merencanakan di awal tahun baru dan ketemu  Awal tahun berikutnya harapan itu terulang karena hanya mengharapkan tujuan yang tercapai selama satu tahun tetapi tidak ada usaha (tindakan) beserta doa.
Kerja keras di barengi doa, salah satu cara untuk mencapai harapan/keinginan, tapi ketika kita sudah melakukannya dan tidak mendapat harapan yang sesuai yang kita inginkan berarti kita harus bersahabat dengan “sabar”.
****
Kalangan ‘Borjuis’ terkadang sering menggunakan harapan di awal tahun dan mengecek  harapan yang telah sukses saat akhir tahun. Harapan yang sekedar menggiurkan di tahun itu dan tidak bermamamfaat setelah nya, memimpikan mempunyai Hp, mobil, motor, kamera, aksesoris (yang trend saat itu) dan bahkan pacar sekalipun. Harapan yang telah terpenuhi di tahun itu, maka berubahlah harapan di tahun berikutnya. Padahal semuanya berguna selama tidak rusak dan tidak aman lagi bagi keselamatan. Apakah demi keesksisan didunia, kita rela menyiksa keluarga? 

Bukan hanya kalangan borjuis, aku juga menemui di kalangan misterius yaitu Mahasiswa. Seseorang yang tidak jelas asal usulnya, tidak bisa di prediksi kaya atau miskin. Miskin karena memang orang tuanya miskin atau miskin karena dia merelakan dirinya untuk miskin. Mahasiswa yang Kaya pun berbagai golongan mulai yang orsinil dan ada juga yang mengaku dirinya sebagai orang kaya. Pisah dari orang tua untuk mendapatkan hidup yang lebih baik, mempunyai target di awal kuliahnya, meminta aksesoris (Laptop, Motor, pakaian), itupun semua harus terpenuhi padahal ayahnya seorang Petani dan Ibunya seorang tukang cuci. 
Hidup ini Hitam Putih, bukan hanya hitam pasti ada putih. Mahasiswa yang menuntut ilmu yang tidak mendapat kasi sayang orang tuanya setiap hari, tapi dia menjalankan amanah orang tuanya dengan baik. Pulang tepat waktu dan membanggakan orang tua di daerahnya. Mungkin ini yang disebut resolusi/harapan.
 
Tetapi Pemuda nyaris setiap hari melewati sekitar rumahku, kakinya penuh lumpur dan tidak memakai alas kaki untuk berjalan. Umurnya lebih muda di banding aku. Satu waktu kumelihat dia berseragam SMA bersama temannya sambil memikul karung yang berisi plastik, bajux dan celananya lusu dan agak kotor. Tetapi semangat yang kulihat dari mukanya, melebihi teman-teman aku yang memperoleh pendidikan yang bagus tapi Cuma menghamburkan kekayaan orang tuanya. Semoga pemuda itu mempunyai harapan dan cita-cita kelak dia capai, bukan sekedar hidup untuk makan. *bergumam didalam hati

13 komentar:

  1. yeaaah akhirnya...harapan dan resolusi...mari mari menggenggam mimpi di awal tahun,..mulai dengan niat, rancangan dan bismillah...
    jangan sampe kayak kalimt di postingan ini

    "ketika kita merencanakan di awal tahun baru dan ketemu Awal tahun berikutnya harapan itu terulang karena hanya mengharapkan tujuan yang tercapai selama satu tahun tetapi tidak ada usaha (tindakan) beserta doa"

    smangat emi...aku doakan bertoga tahun 2012^_^

    BalasHapus
  2. nice post..smoga keinginan mu tercapai dan menjadi lebih baik di tahun ini...

    BalasHapus
  3. > Kk' Uti
    whahaha, saya kira udh direbus2 nih postingan.. makasih doanya.. Amin

    BalasHapus
  4. > Kk Meutia
    Amin.. kk tia pun begitu, menjadi lebih baik di tahun ini dan seterusnya..

    BalasHapus
  5. Wah semoga pemuda yang kau lihat itu diberkahi Sang Maha Kaya.

    tulisan yang cukup kritis dan peduli :)


    #btw buku CSD nih :D
    hahaha kalau ngumpul datanglah emi.

    BalasHapus
  6. Setiap orang tentu punya keinginan, yang kemudian menjadi cita cita...

    dengan begitu kita akan bisa hidup.
    setiap detik tentu kita punya keinginan untuk menjadi lebih baik. dan semoga tiap detik kita menjadi lebih baik. amin

    BalasHapus
  7. Selamat berjuang untuk tiap harapan2mu emiiii...wish u all d'best in 2012....^___^

    BalasHapus
  8. amin,
    aku aminkan doa kamu buat pemuda itu, dan amin juga untuk doa kamu atas terkabulnya doa kamu itu untuk diri kamu sendiri.

    semoga kedepannya bisa jauh lebih baik bersama sama ....

    BalasHapus
  9. semangat muha,,,

    moga semua harapan bsa secepatnya terlaksana,,, :)

    BalasHapus
  10. bener banget, banyak yang terserang mabuk glamor sekarang ini mas. nice

    berkawan dengan saya ya, jangan lupa komen dan follow blog saya http://kampungkaryakita.blogspot.com/. Saya sudah memfollow blog ini.. Sukses

    BalasHapus
  11. lihat gambarnya jadi keinget film wall-E
    hihihi, peace!
    maaf komen nggak nyambung =P

    btw, we're fighting dreamer!!

    BalasHapus
  12. yupz, harapan sama halnya dengan semangat, harus terus dijaga dan diperbarui. orang yang berputus asa dari harapan dan rahmat ALLOH bagaikan mayat hidup yang mengenaskan... semangaaaaaatttttttttt semoga yang terbaik selalu bersama kita

    BalasHapus