Malam

gambar dari sini
Menurut pandangan Psikologi umurku telah masuk ditahap dewasa awal padahal seperti baru saja kurasakan seperti anak kecil, bermain hingga lelah setelah itu tertidur pulas dipangkuan ibu, masih teringat ketika menangis ibu menyodorkan gula-gula sambil tersenyum manis dan mengatakan kau anak laki-laki nak! Jangan  menangis. Malam menjadi hal tabu saat aku kecil, malam selalu menjadi penutup rutinitas ketika pergantian langit berwarna jingga berganti menjadi warna yang gelap dan itu juga aku tak bisa keluar dari rumah, seakan bumi akan berubah dan kejahatan akan mulai bermunculan itu yang terpikiran anak kecil seperti aku.

Kata selalu punya makna ganda sesuai konteksnya kata itu berada. Salah satunya kata malam, Setahun yang lalu aku KKN di Citta kota Soppeng, sangat kurang ada aktivitas luar rumah saat malam hari, keluarga lebih memilih menghabiskan waktunya berada dalam rumah, anak-anak mereka tidak boleh keluar tanpa alasan yang jelas apalagi sekedar berkeluyuran tetapi ketika aku tanya sama pemilik rumah, Kami yang anak KKN boleh keluar dan iya mengiyakan. Seketika batinku mengatakan kenapa mesti anak kecil dilarang keluar harusnya anak kecil sesekali diperkenalkan dengan malam, menuntunnya mengetahui malam dari sisi hal yang baik, menikmati bintang misalnya. Mungkin anak kecil tak butuh diperkenalkan malam sama halnya yang aku rasakan waktu kecil, aku diperkenalkan malam yang buas dan kelam.

Ada yang sesuatu yang lain akhir-akhir ini tentang malam bagiku bukan karena sudah tidak kecil lagi dan aku sudah menikmati malam, berkeluyuran kapan saja dengan tujuan jelas atau sekedar larut dengan kesunyiannya malam, tapi aku teringat kembali dengan malam serasa ada hal yang aku dapatkan pelajarn kenapa diperkenalkan bahwa malam itu buas dan kelam saat waktu kecilku dulu. Kata malam memang miliknya orang dewasa dan hanya sesekali dinikmati anak kecil, aku tetap beranggapan bahwa malam tetap dunia yang berbeda, harus menjaga diri, mengontrol langkah dan lebih menjaga sikap kepadanya. Malam hanya sesekali diteguk tidak boleh kecanduan.


Malam juga memberi banyak pelajaran bagiku. Malam telah memperlihatkan sebagian ceritanya dari sudut kelam, mulai dari kecil yang berpesta miras bersama kawannya, perempuan atau entah ia betul perempuan mereka disulap oleh malam sehingga dirinya harus menjadi cantik dan menunggu raja yang siap membawanya berpesta, atau sepasang kekasih yang bercinta di pinggir danau tanpa ada ikatan yang halal, Mungkin pikiran mereka adalah malam selalu indah bagi yang menyukai kelam dan bukan untuk perenungan.