KLJI Makassar : Berkunjung ke Pulau Sarappo

Atas dan tengah : Pulau Cangke
Paling Bawah : Pulau Sarappo
Fotografi bagi kaum kota mungkin sudah menjadi kebutuhan sehari-hari, menjadi salah satu barang yang utama bagi setiap individu, mulai dari bangun, memasak, makan, perjalanan bahkan mandi pun melakukan aktifitas fotografi, mendokumentasikan dirinya melalui alat yang bernama kamera.

Hari minggu kemarin, tepat tanggal 22 juni 2014, Saya dari KLJI (Komunitas Lubang jarum) Makassar bersama Sobat Lemina melakukan perjalanan ke pulau Sarappo, pulau yang letaknya sudah termasuk wilayah kabupaten pangkep sulawesi selatan dan ditempuh dengan jarak sekitar 2 jam dengan memakai kapal laut (kecil) dari pelabuhan paotere Makassar. Kegiatan "Seragam Untuk Sobatku" dari Lemina mengajak kami ikut berpartisipasi mengajar Kamera Lubang Jarum ke anak-anak pulau sarappo

Memperkenalkan Fotografi dan berdiri di depan anak-anak pulau itu seperti menjadi 'presiden' ditatap dalam-dalam oleh mata yang mengharapkan akan ada perubahan sama mereka. Saya mengajarkan bahwa fotografi bukan alat canggih, barang mahal, fotografi adalah seni, ia lahir dari ilmu pengetahuan, bisa dibuat dan berekperimen sesuai dengan kreatifitas dan usaha untuk berproses.
Setelah kegiatan itu kami berkeliling pulau dan senyum-senyum gembira bertebaran hingga pulang..

#salam5jari

Dokumentasi selama perjalanan di Pulau Sarappo : 

Teman-teman dari KLJI Makassar dan Sobat Lemina narsi di atas kapal
Foto Bareng di Pulau Cangke sebelum berangkat ke Pulau Sarappo
Mempersiapkan kaleng KLJ (Kamera Lubang Jarum) di atas kapal saat perjalanan ke Pulau Sarappo
Mempersiapkan kaleng KLJ (Kamera Lubang Jarum) di atas kapal saat perjalanan ke Pulau Sarappo
Siswa dan pengajar memperlihatkan kalengnya masihng-masing sebelum membuat kamera
Membuat lensa Kamera dari bahan Alumunium foil
Siswa perempuan juga ikutan narsis. :)

Siswa cowok menunjukkan hasil Lensa kamera yang sudah mereka buat
Proses Melubangi Lensa dengan jarum
Siswa meencoba kamera hasil buatannya sendiri di luar sekolah


2 komentar:

  1. Keren kak emiii yaaaah, sekalian liburan ceritanya. Pernah ingat yang dikatakan kak emi mengenai KLJ adalah "proses is everything". Sebuah karya yang lahir dari sebuah proses yang cukup panjang, yang membutuhkan cita rasa. Cita rasa terhadap keindahan, cita rasa dan kepedulian melihat sekitar dengan lebih dalam. Semoga bisa terus berbagi, keep fighting yaaaah :))

    BalasHapus
  2. Wah, bagus sekali foto-fotonya. Kegiatannya juga seru dan bermanfaat. Mau dong diajari bikin kamera sendiri juga, hihihi :)

    BalasHapus